Menghadapi Teman (yang suka) Hoax

post-52

Salah satu kebiasaan yang berasal dari sisi buruk seseorang ialah berbohong. Hampir semua manusia di dunia ini pernah berbohong. Nggak sedikit juga orang mengetahui atau sadar dia sedang dibohongi. Pembohong juga biasanya memiliki alasan untuk melakukan itu, yaitu memberi kesan baik, melindungi diri, ingin keuntungan, atau masih banyak alasan yang lain.

Menghadapi orang yang suka berbohong memang bisa dibilang sulit. Apalagi orang yang suka berbohong itu adalah orang yang sudah terlanjur  dekat dengan kita, yaitu teman kita.  Lalu, bagaimana caranya untuk menghadapi teman kita yang suka berbohong?

  1. Menyelidiki.
    menyelidikiKita harus bisa memastikan apa yang diceritakan kepada kita benar atau bohong. Biasanya kita dapat mengetahui teman kita bebohong dari tingkah laku yang mereka lakukan, seperti melakukan kedipan mata berkali kali, mengalihkan tatapan mata, melakukan gerakan tangan saat mereka berbicara atau menceritakan pengalaman mereka.
  2. Mengumpulkan barang bukti.
    Setelah menyelidikinya, kita harus mengumpulkan fakta-fakta dulu sebelum menegur dia, dari apa yang dia ceritakan kepada kita.
  3. Menegur.
    Sesudah menyelidik dan mengumpulkan barang bukti. Sebagai teman yang baik hal yang harus dilakakukan adalah kita harus berani menegur dia, supaya apa yang dilakukan
    nggak terulang lagi.
  4. Berbicara dengan baik-baik.
    Kita harus berbicara baik-baik dengan si pembohong supaya ia mau terbuka. Apa motif dari kebohongan yang dia ceritakan.
  5. Memaafkan.
    forgivenessHal ini tergantung kita. Setelah kita mengetahui kebohongan yang dia lakukan, maukah kita berteman lagi atau tidak? Sebagai teman yang baik ada baiknya kita berteman supaya membuat dia jadi lebih baik.

Janganlah kita melakukan sebuah kebohongan. Karena dengan melakukan sebuah kebohongan, bisa menghancurkan kepercayaan orang lain kepada kita dan dapat melukai perasaan orang lain di sekitar kita. Daripada memulai sesuatu dengan sebuah kebohongan, akan ada bainya untuk mengatakn sebuah kebenaran dan menjadi diri sendiri apa adanya.

 

  • NT –

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s