Write Your Thought

Sabtu, 25 Maret 2017, Komik Muda mengadakan training untuk para penulis artikel Komik Muda. Training ini bertujuan untuk membekali para penulis agar semakin terampil dalam menulis artikel untuk Komik Muda.

Tepat pukul 10:00 12 orang penulis Komik Muda berkumpul di ruang ibadah pemuda untuk mengikuti rangkaian acara Write Ur Thought (Wut).

IMG20170325105412.jpg

Sesi pertama dimulai dengan membahas bagaimana cara untuk mengembangkan berbagai ide dari suatu topik yang diberikan. Novi Nadya seorang redaktur senior yang menjadi pembawa materi memulai sesi dengan memberikan suatu benda dan para peserta diminta untuk mendeskripsikan benda tersebut. Mengejutkan. Ternyata banyak sekali sudut pandang yang akhirnya bisa menimbulkan berbagai macam ide penulisan hanya dari sebuah benda. Tulisan Om Agung dianggap sebagai tulisan yang paling deskriptif oleh Novi Nadya.

Lanjut ke sesi kedua, di sesi ini Nadya membahas tentang cara menuliskan beberapa kata dengan baik dan benar, salah satu yang dibahas adalah tentang kata-kata berimbuhan di mana ternyata masih banyak penulis yang salah dalam menulis kata-kata tersebut. Selain itu juga dibahas mengenai penggunaan kata yang efektif, hindari penggunaan kata yang berulang-ulang sehingga bacaan yang dibuat tidak menjadi bacaan yang membosankan. Sesi ini cukup menarik karena sebelum sesi ini berakhir, terjadi tanya jawab yang akhirnya meluas ke pembahasan kesulitan tiap penulis dalam menulis. Sesi Tanya jawabpun berakhir ketika peserta sudah merasa lapar dan memutuskan untuk makan siang.

IMG20170325103057.jpg

Setelah perut terisi, para penulis siap untuk memulai sesi ketiga yang merupakan sesi terakhir dari rangkain acara Wut. Dalam sesi ini Nadya mengadakan simulasi rapat redaksi untuk menentukan suatu tema. Tema yang terpilih pada waktu itu adalah hari pendidikan nasional, di mana para peserta diminta untuk memikirkan hal-hal yang akan diangkat dari hari pendidikan nasional. Setelah terkumpul hal-hal yang akan dibahas kemudian para peserta diminta untuk menuliskan hal-hal tersebut menjadi suatu bentuk tulisan. Hasilnya adalah muncul beragam tulisan dengan ide dan sudut pandang yang berbeda. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa sesungguhnya banyak sekali hal yang dapat dikembangkan dari suatu topik, hanya saja butuh ketekunan dari seorang penulis untuk mencari dan membuka pikiran seluas-luasnya untuk menemukan hal tersebut.

Screen Shot 2017-05-10 at 5.32.38 PM

Training diakhiri dengan pembagian sertifikat ke peserta dan juga kepada Nadya sebagai fasilitator. Semoga training komik muda kali ini benar-benar dapat memfasilitasi teman-teman penulis untuk menulis dengan lebih baik lagi sehingga pada akhirnya dapat menjadi sebuah tulisan yang menjadi berkat bagi setiap pembacanya. Sampai jumpa di training Komik Muda berikutnya ya!!!

Screen Shot 2017-05-10 at 5.33.02 PM.png

_____

(AAS)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s